Senin, 02 Februari 2015

Ulasan Buku "86" Karya Okky Madasari






Berikut ini ulasan subjektif saya terhadap buku ini.

Saya suka dengan buku ini. Okky Madasari, menurut saya berhasil memberikan gambaran, potret, cerita, serta kritik pedas mengenai kondisi Indonesia. Semua itu dituturkan dengan cara yang asik, tidak membosankan. Pesan moral dari novel ini juga banyak yang bisa diambil, walaupun kerangka besarnya tentu tetap dalam kritik soal "86".
Di banyak bagian, akan sangat terasa gaya penulisan Okky Madasari yang 'mewartakan'. Mungkin itu juga tidak terlepas dari pengalaman dan jam terbangnya yang memang berprofesi sebagai wartawan. Selama membaca novel ini, saya kadang merasa ini adalah berita yang dinovelkan, atau sebaliknya, novel yang diberitakan.
 Hal yang mungkin perlu disoroti dari novel ini adalah sampulnya. Menurut saya pribadi, sampul novel ini tidak menarik. Bahkan secara jujur saya katakan, kalau tidak melihat penulisnya adalah Okky Madasari, maka saya tidak akan membelinya. Mungkin perihal sampul ini pulalah yang membuat buku ini akhirnya berada di tumpukan bazaar akhir tahun dengan harga yang murah. Mungkin.

Demikian ulasan sederhana saya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar