Jumat, 23 Januari 2015

Ulasan Buku "Rencana Besar" Karya Tsugaeda






Berikut ini adalah penilaian subjektif saya terhadap buku "Rencana Besar" karya Tsugaeda:

Saya tidak akan mengomentari terlalu banyak tentang buku ini, hanya satu kata: bagus.
Namun jika tetap harus dijabarkan maka akan saya nyatakan bahwa buku ini menyajikan sebuah cerita yang penuh dengan ketegangan, mulai dari awal sampai akhir cerita. Intrik dan pembangunan plot pun apik. Karakter yang diberikan pada tokoh-tokohnya kuat. Riset yang dilakukan juga terlihat bukan riset yang main-main atau sepintas lalu. Saya sebagai orang yang tidak terlalu mengerti dengan dunia perbankan, banyak belajar (minimal) soal istilah-istilah dan jabatan-jabatan yang ada di dunia tersebut lewat novel ini.
 Memang sebenarnya saya bisa menebak soal persekongkolan-persekongkolan yang ada di novel ini, tapi menurut saya hal itu tertutupi oleh kepandaian penulisnya dalam menyajikan cerita.

Satu hal yang mengganjal pikiran saya adalah fakta bahwa saya mendapatkan buku ini (juga) di tumpukan buku-buku diskon akhir tahun di Gramedia Yogyakarta. Dua puluh ribu harganya waktu saya beli. Padahal menurut saya, buku ini cukup menarik. Bahkan sampulnya pun sudah menggugah selera. Sampai sekarang saya masih tidak tahu alasan apa yang membuat buku ini berada di tumpukan tersebut dan dijual dengan harga sangat murah. Terlepas dari itu, saya tegaskan sekali bahwa buku ini bagus dan enak dibaca.

Ulasan ini hanyalah pendapat subjektif, sangat mungkin salah walaupun mungkin juga ada benarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar