Rabu, 21 Januari 2015

Ulasan Buku "Koin Terakhir" Karya Yogie Nugraha






Ulasan di blog ini hanyalah sebuah penilaian subjektif saya sebagai pembaca. Berikut ini ulasan saya mengenai buku "Koin Terakhir" karya Yogie Nugraha.

Terus terang buku ini sudah agak lama masuk dalam daftar buku yang saya incar, namun baru kesampaian untuk membelinya beberapa minggu lalu. Dan terus terang lagi, saya sedikit terkejut melihat buku ini masuk dalam tumpukan buku diskon akhir tahun di Gramedia Yogyakarta. Harganya hanya dua puluh ribu ketika saya beli waktu itu.

Hal pertama yang melintas dalam pikiran saya setelah selesai membaca buku ini adalah "riset yang dilakukan oleh penulisnya luar biasa". Saya terkesan juga sekaligus tertampar karena di buku saya sendiri, saya belum bisa menyuguhkan detil-detil lokasi yang sedemikian rinci. Detil-detil itulah yang menurut saya menjadi kekuatan tersendiri untuk buku ini. Pembaca dibuat bisa membayangkan dengan baik mengenai latar tempat dan waktu kejadian. Pun tema cerita seperti ini masih jarang saya temui dalam buku-buku yang ditulis oleh penulis Indonesia. Saya sangat menikmati proses pembacaan buku ini. Seru dan menegangkan.

Hanya saja, saya merasakan ada beberapa hal yang agak mengganjal. Pertama, menurut saya koin tersebut berpindah tangan terlalu sering dan juga dalam waktu yang terlalu singkat. Hanya dalam hitungan hari, koin yang menjadi masalah utama di dalam novel ini bisa berpindah ke lebih dari empat orang, dan semuanya itu digambarkan seolah-olah hanya sebagai sebuah kebetulan biasa. Saya pribadi agak merasa kurang 'sreg' dengan hal tersebut. Berikutnya, hampir di setiap awal bab dimulai dengan sebuah deskripsi, entah itu deskripsi orang ataupun tempat. Sebenarnya hal tersebut tidak masalah, namun untuk beberapa bagian deskripsi tersebut menurut saya terlalu panjang dan membuat pembaca dibebani dengan informasi yang terlalu banyak.

Terlepas dari itu, saya merasa buku ini bagus dan saya menantikan kelanjutannya. Sebab jelas sudah di bagian terakhir, buku ini memberikan informasi bahwa akan ada sekuel dan cerita tidak berakhir di sini.

Sekali lagi, ini hanyalah ulasan yang sangat subjektif dari seorang awam. Sangat mungkin salah walaupun mungkin ada benarnya juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar